Friday, March 18, 2016

Reparasi seal Shock Upside Down after market Suzuki Smash

Dijaman sekarang siapa yang tidak mengenal model shock breaker Upside Down. didunia sepeda motor ada dua model shock depan tapi yang paling banyak diaplikasi di pasaran yaitu model Teleskopik, untuk model shock  Upside Down lebih sering di gunakan pada sepeda motor ber-cc besar dan yang paling sering kita bisa lihat di tayangan Motogp dan Superbike.

Kelebihan dari shock Upside Down itu sangat baik digunakan pada kecepatan tinggi karena posisi tabung besar nya berada dibagian atas maka akan bereffect cengkraman roda depan lebih baik dibandingkan menggunakan model Teleskopik. selain itu tampilan motor kitapun akan terlihat lebih gagah.
Dari hal tersebut maka saya berkeinginan untuk mengaplikasi model shock ini pada si"Bella" Suzuki Smash yang aslinya menggunakan shock depan model Teleskopik. langsung aja keliling mencari toko variasi yang mungkin ada menyediakan shock Upside Down after market untuk si Suzuki Smash, muter-muter cukup lama akhirnya dapet juga di salah satu bengkel variasi dengan merk "Norita" yang saya tebus seharga Rp. 350.000 + ongkos pasang.
Untuk pemasangannya cukup lama juga sekitar dua jam-an karena memang pada saat itu bengkel sedang full jadi ya..terpaksa ngantre ampe jenggotan, tapi ngak apalah yang penting dapet si Upside Down. 
Proses pasangnya semua bagian ban depan di bongkar dulu lalu empat baut pemegang shock di segitiga bawah di lepas agar gampang copot shock asli teleskopik si Smash.
sempet tanya ke pemilik bengkel, kira-kira kuat ngak sih model shock Upside Down yang saya beli ini? sang pemilik bengkel jawabnya: -Yah, ..kalo namanya variasi mah untung-untungan, kalo lagi untung ya bisa awet..kalo apes ya mau gimana lagi..., sepertinya sang pemilik ngak bisa kasi garansi keawetan karena memang selesai dipasang terus saya bawa keliling kerja itu shock bagian kiri udah meler oli nya, pertanda kalo seal nya udah gak normal...mungkin karena shock terlalu lama diam di dalam gudang jadi seal nya keras.
Oli Merembes akibat seal udah rusak
Pertama sih tak biarin aja siapa tau nanti hilang sendiri tuh oli, eh malah keterusan lama-lama bikin males juga lihatnya... akhirnya suatu hari tak putuskan saya akan bongkar sendiri tuh shock Upside Down sambil belajar gimana mekanisme kerjanya. kebetulan peralatan tempur udah lengkap....hehehehe....
Oke..mulailah proses pembongkaran, sama seperti waktu di bengkel variasi semua sayap kanan-kiri dilepas karena menghalangi saat mau lepas spakbor depan, setelah semua bagian -bagian spakbor lanjut lepas ban depan, kaliper cakram dan gear spedometer, setelah itu shock baru terlihat.
Setelah spakbor dicopot
setelah itu kedua bottom pemegang as roda depan dilepas caranya tinggal putar berlawanan arah jarum jam karena modelnya menggunakan ulir, kebetulan dilepas, saya rencanakan untuk dicat hitam dop aja karena kurang keren kalau pake warna chrome kesannya terlalu classic bike. lalu untuk melepas tabung bagian bawahnya gunakan kunci letter L untuk membuka baut pengikat di bagian atas maka tabung bawahnya akan lepas dengan memutar tabung atas ke arah berlawanan putaran jam setelah lepas tarik tabung yang lebih besar yang ada di bagian atas pelan-pelan saja karena oli akan jatuh.
Setelah tabung atas dilepas
Selesai melepas tabung atas lalu saya perhatikan memang seal nya ada sedikit kerusakan yang kemungkinan membuat nya tidak sanggup menahan rembesan oli.
bagian seal yang rusak
Untuk melepaskan seal oli tersebut cukup mudah namun harus dengan sangat hati-hati jangan sampai merusak bagian tabung yang terbuat dari lapisan aluminium, cara melepasnya bisa menggunakan besi pengungkit yang biasa digunakan para tukang tambal ban melepas ban luar, seal bekasnya jangan dibuang ya sob karena akan kita gunakan nanti saat pemasangan seal yang baru. untuk harga seal baru saya beli di dealer Suzuki seharga 30 ribu rupiah sepasang, seal penahan debu 20 ribu sepasang dan oli shock breaker merk "Jumbo" 30 ribu satu kotak isi 2, tapi yang kepake cuma setengan doank,,sisanya saya simpen kalau sobat mau boleh deh tak kasi gratis...hehehehe
Bagian-bagian shock Upside Down 
Pemasangan seal yang baru bisa dibantu menggunakan palu ukuran sedang dan untuk memasukkan sealnya kita gunakan bekas seal yang rusak tadi dipukul-pukul agak keras namun penuh perasaan jangan sampai tabungnya kena getok bisa lecet atau penyok nanti.
lalu kuras oli lama yang ada di bagian tabung shock yang kecil yang ada lapisan chrome nya itu lho sob, chrome pada gambar diatas setelah itu bersihkan dengan lap bersih lalu kita isi kembali dengan oli yang baru dengan takaran oli yang sama pada kedua bagian tabung tersebut. saya pakainya setengah botol untuk kedua tabung tersebut biar ngak terlalu keras redamannya nanti.
setelah pengisian oli selesai rangkai kembali terbalik dari proses pembongkaran yang kita lakukan sebelumnya.
Pemasangan bottom diputar searah jarum jam sampai kencang, tabung atas saya cat emas biar keren.
Seperti yang saya jelaskan tadi bongkar pasang shock model ini tidaklah terlalu sulit asal dilakukan dengan hati-hati.
Nah...sekarang kaki si"Bella" sudah sexy kembali tanpa ada rembesan oli.

Semoga semua yang saya tulis ini berguna bagi sobat rider semua.....









31 comments:

  1. silnya pakai punya apa mas yg pas?
    lepas botomnya as shoknya di tahan pakai apa, mohon bantuannya mas, terimakasih

    ReplyDelete
  2. sil nya pake punya bebek apa aja bisa, diameter nya sama kok, tapi kemaren itu pake punya suzuki shogun, lepas bottomnya gampang kok, sistem ulir...

    ReplyDelete
  3. Ngga gampang patah aja kah ni gan USDnya?

    ReplyDelete
  4. Ampe skrng aman2 aja gan...slama gak dipake wheely...jgn disamain ama motogp..hehehe

    ReplyDelete
  5. Ampe skrng aman2 aja gan...slama gak dipake wheely...jgn disamain ama motogp..hehehe

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Agan USD ane kok ane ya, disaat ban melayang gitu kok tuk tuk gitu ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. motornya apa gan?? kalo USD bebek..kemungkinan suara tersebut karena sesuatu yg mengenai piringan cakramnya, memang terkadang posisi baut pengikat kaliper tidak sepresisi buatan pabrik

      Delete
    2. Kalo jedak jeduk gitu biasanya per suling nya udah jelek

      Delete
    3. Bisa jadi. Seperti yg disampaikan bro indra kurniawan...

      Delete
  8. Agan . Buka tabung atas sama botem as nya pake apa ya ? Saya coba keras bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu bukanya diputer dibantu pake besi as roda depan gan, kalo amannya seh bawa aja ke bengkel yang punya alat penjepit ..lupa namanya paan..hehehehe

      Delete
  9. Search di google banyak yg jual gan...tapi emang lebih bagus kalo beli langsung ke penjual kalo ada cacat2 dikit jadi bisa langsung tau...

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. breket kalipernya pake variasi motor apa gan??

    ReplyDelete
  12. braketnya emang bawaan cakram variasi smash boss

    ReplyDelete
  13. Mas usd pas rebond ke atas kok bunyi jedak gitu knpha yha

    ReplyDelete
  14. Mungkin ada baut pengikat yg masih kendor boss??

    ReplyDelete
  15. Punya saya usd bocor ..untuk takaran yg pas brp ya mas soalnya dah bocor berkurang oli nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk takaran pasti saya tidak tahu gan, pake feeling saja, kalau kebanyakan biasanya jadi keras

      Delete
  16. Tanya om
    Itu tabung yg masuk ke bagian bawah (lower)/t4 as roda masuk. Tertutup atau tidak. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. usd saya sdh dikurangin olinya masih keras gan.. kira" kalau diganti per/pegas nya bisa gak gan. tapi sya liat foto punya agan yg usdnya kebongkar kok gak ada per/pegasnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bro kedepan saya rencana mau ganti per cuma blom sempet , punya saya malah terlalu empuk rebound nya kurang...

      Delete
  18. Tu per ny gmn msang ny yg bner gan

    ReplyDelete
  19. Maaf mas tabung bagian atas punya saya kok rembes olinya dari sambungan ulirnya...
    Gak banyak tapi bikin debu pada nempel di tabungnya...

    Mau saya buka kok keras banget susah mas, mohon masukannya mas...

    ReplyDelete
  20. Tolong Poto breket nya bg piringan pake apa

    ReplyDelete