Sunday, February 21, 2016

Suzuki Smash FD 110 body belakang patah

Kalau sobat pernah memiliki Suzuki Smash keluaran awal pasti akan pernah mengalami masalah patahnya dudukan baut body yang posisinya pas dibawah kuncian jok, selain memang bentuknya yang kecil serta kualitas plastik ABS dari sepeda motor ini tergolong kurang kuat, kata orang seperti krupuk gampang banget patah atau retak entah untuk mengurangi biaya produksi yang memang waktu itu sedang gencar-gencarnya masuk produk sepeda motor murah dari negeri cina dengan berbagai merk namun body berbasis Honda Astrea Grand dan Astrea Supra, namun memang lambat laun mereka tersisih oleh pasar hingga sekarang tidak jelas nasibnya.

Namun di salah satu sepeda motor yang saya miliki alias adiknya "Bella" yaitu Suzuki Spin hal tersebut tidak terjadi alias kualitas plastik bodynya sudah bagus dan kuat, kalau untuk Suzuki smash paling parah bisa seperti gambar diatas yang saya ambil di Mbah Google yang punya gambar maaf ya saya pinjam buat ilustrasi.

Dan untuk mengatasi patahnya body Smash tersebut saya ada solusi yaitu dengan menggunakan aluminium bekas dudukan head mesin ploter Seiko yang saya dapat dari teman yang kebetulan memiliki usaha percetakan, kalau sobat mau bisa contact saya karena masih ada stok lumayan banyak dengan sukarela akan saya berikan gratis untuk para pencinta Suzuki Smash ini, kalau diluar Bali minta ongkos kirim aja deh...hhehehe
Cara pemasangannya pun gampang hanya memerlukan 2 skrup kecil yang diameternya sama dengan lubang yang memang sudah ada lalu dengan menggunakan obeng kita tempel pas di spakbor belakang dibawah lampu rem, karena lebar aluminium tersebut pas banget jadi sobat ngak perlu lagi repot potong-potong pake gerinda. Sebenarnya pake plat juga bisa dinggal disesuaikan besarnya dan ditekuk tapi kalau sudah ada benda walaupun limbah kan bisa menghemat waktu dan penampilan pantat si "Bella" tetap aduhai ngak jadi cacat.
Selain itu metode menopang lampu rem tersebut efective mengatasi retaknya body bagian kiri atau bagian dekat kunci pembuka jok. Retakan tersebut terjadi karena bobot lampu rem Smash hanya ditopang oleh plastik bagian belakang tersebut tanpa adanya besi penguat dibagian dalam, berbeda dengan sepeda motor merk lain contoh saja Astrea Grand yang pernah saya pakai waktu SMA yang menggunakan desain plat besi sebagai dudukan lampu belakang.

semoga berguna dan tetap hati-hati di jalan.










14 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. masih ada gan ? brapa no hp nya gan ?

    ReplyDelete
  3. Saya mau gan kirimin donk ke gba barat,bojongsoang,block c4 no 5

    ReplyDelete
  4. Gan, mau dong dikirim ke Depok jawa barat, ongkir diganti gan..

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. maaf gan udah ngak ada lagi...kalo besok2 dpt lagi tak kabarin dah

      Delete
  6. kalau di cari itu apa ya nama benda nya bosku , ingin ku cari , tapi ga tau namanya

    ReplyDelete