Thursday, April 7, 2016

Membuat speedometer Smash model indiglow

Halo sahabat pencinta Suzuki Smash semua, semoga selalu sehat dan lancar rejekinya.
dalam tulisan ini saya mau membagi pengalaman dalam membuat tampilan speedometer suzuki Smash makin cantik dengan mengganti lampu standar dengan menggunakan barang-barang sederhana yang banyak ada di sekitar kita.
Hasil akhir speedometer indiglow
langsung aja deh kita eksekusi, pertama tentu saja kita buka batok kepala si Smash dengan hati-hati jangan sampe terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan, setelah itu lepas baut-baut pengikat speedometer nya dari pengikatnya setelah itu kita lepas bagian mika nya hingga kita bisa melepas jarum nya yang lama, kebetulan punya saya sudah pada getas akibat pengaruh usia baru di ditarik sedikit saja udah pada protol...tapi ngak apa memang rencananya mau di ganti baru. setelah jarum penunjuknya lepas lalu kita angkat panel latar setelah melepas 4 baut kecil pengikatnya. jangan lupa siapkan semua alat-alat pendukungnya antara lain:
- lampu Led side light warna biru, saya belinya yang merk Hard-R seharga 25 ribu 
- lampu Led model bulat warna untuk pencahayaan jarum nya per set 20 ribu isi 2
- Plastik mika bekas penggaris atau bekas korek gas juga bisa
- pipet kecil bekas semprotan chain lube warna merah atau apa aja yg penting diameternya pas
- cable ukuran kecil
- cutter
- kikir
- gergaji besi
- gunting
- lem G
- Glue gun

setelah dibongkar
Setelah semua siap kita mulai deh mengganti lampu penerang yang berbentuk bohlam kecil dengan menggunakan Led model pita yang kita siapkan tadi dengan cara mengelilingi pinggiran speedometernya agar nanti nuansa warna dasar cahanyanya biru
Led model pita setelah diinstall dilekatkan dengan glue gun
untuk merekatkannya saya menggunakan glue gun alias lem dengan pemanas yang bentuk alatnya kayak pistol, setelah beres kita lanjut memasang led model lingkaran warna merah untuk cahaya jarumnya, rencanya saya mau pasang pas di bawah jarum penunjuknya tapi terkendala oleh adanya bagian odometer jadi terpaksa pake akal dengan menggunakan mika bekas penggaris sebagai penghantar cahaya nantinya contohnya seperti gambar dibawah ini led nya saya rekatkan menggunakan lem pemanas seperti pemasangan led pita tadi. jangan lupa kabel dayanya di sambungkan dengan lampu led biru yang kita pasang pertama.
untuk jerum penunjuknya saya kembali menggunakan mika bening bekas penggaris dipotong sesuai ukuran yang diinginkan menggunakan gergaji dan cutter lalu dihaluskan dengan kikir kecil, hati-hati ya sob untuk bagian ini memang perlu kesabaran extra agar hasilnya rapi dan tangan tidak terluka. 
penggaris ku nasibmu kini
untuk mempercantik tampilan jarum penunjuk yang sudah kita buat tadi saya menggunakan kulit cable warna merah ditempelkan menggunakan lem G sedikit saja dengan teliti agar tidak melobor kemana-mana dan siapkan juga pipet kecil yang biasa kita temukan di semprotan chain lube sebagai lubang slot penghubung jarum dengan pemutar nya, caranya juga ditempelkan menggukan lem G.

setelah beres kita pasang kembali seluruh panel dasar speedometer lalu jarum penunjuk kecepatan dan jarum penunjuk bensin, sambungkan kabel daya pada bagian bekas lampu penerangan speedometer lama jangan kebalik ya + sama - nya

itulah pengalaman saya membuat spedometer model indiglow sederhana yang walaupun ngak sekeren motor-motor mahal namun cukup membuat hati senang berkendara dikala malam hari.





4 comments:

  1. Mantap bro. Ane make suzuki smash juga tahun 2004. Tua sih tapi masi mantep.wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Sama sati lagigan. Itu velg asli smash kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukaan brow....velg aftermarket merk venom beli th 2005 kalo gak salah..aslinya spoke rim, ntah kemana sekarang nasibnya..kwkekwkwkw

      Delete
  3. Pengen pake idikator bensin yg digital kaya pnya fu
    Tapi indikator bensin nya aja
    Bisa ga yaa

    ReplyDelete