Thursday, February 18, 2016

Bella, Suzuki Smash 110 pasang kopling manual

Disini saya ingin berbagi pengalaman dengan si Bella, tunggangan sehari-hari saya yaitu sebuah sepeda Motor Suzuki Smash 110 keluaran tahun 2003 akhir, fitur yg disematkan antara lain sudah menggunakan rem depan cakram dan oil filter selebihnya biasa saja seperti sepeda motor pabrikan lain dengan harga yang setara, kalau tidak salah saat itu saya boyong dgn harga kurang lebih 9 jutaan kredit.


ini adalah sepeda motor pertama yang bisa saya beli dengan hasil kerja keras sendiri tanpa minta minta ke orang tua, murah dan biasa saja kalau menurut orang lain tapi sangat memberikan arti dalam perjalanan hidup saya hingga saat ini.

menyambung topik yang ingin saya bicarakan dalam blog ini, yaitu penggantian kopling sentrifugal bawaan asli dengan kopling manual modifikasi aftermarket. Pada awalnya semua berjalan seperti biasa saja namun semua berubah ketika negara Api menyerang..eh salah dink ...ketika si "Bella" mulai kehilangan kekuatan untuk menghela roda belakang, serasa ada sensasi tersendat-sendat layaknya seseorang sedang malam pertama..hehehe....tapi ini sangat mengganggu apalagi kalau sedang membonceng sang istri pasti deh komplain.."ini motor kok porno banget seh..???" kata istri saya dengan nada sedikit dongkol.

beberapa hari kemudian saya sambangin bengkel salah satu teman dekat sambil tanya-tanya permasalahan yang dialami si"Bella" kesayangan mungkin sang "dokter" bisa mendiagnosa dengan akurat. Cek ricek disimpulkan bahwa kopling sentrifugal alias kopling ganda si"Bella" udah aus termakan usia dan sudah waktunya di ganti dengan yang baru, perkiraan harga abis 400 ribuan udah termasuk pasang..tapii....ada alternatif lain yaitu mengganti dengan kopling manual seperti yang ada di motor-motor sport alias motor laki.
bak kanan dengan stud kopling


hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut adalah dengan membeli blok mesin kanan yang sudah disediakan stud kopling jadi ngak perlu bor bak aslinya semua ditebus dengan uang 350 ribu udah dapaet 1 set antara lain: bak kopling, tali kopling dan handle nya. Ok semua udah ready proses bongkar dimulai, pertama-tama oli mesin di kuras biar ngak belepotan nantinya, lalu dek kanan kiri sama knalpot dilepas setelah itu baru bak kanan di copot dengan hati-hati agar tidak merusak pak mesinnya. Setelah itu sang mekanik melepas kopling sentifugal nya posisinya sebelum kampas kopling bentuknya kayak mangkok setelah terlepas dari dudukannya langsung deh lari ke tukang las sebelah bengkel untuk mengelas di 3 titik berguna mematikan fungsi sentrifugalnya kelebihan nya kita ngak akan lagi pusing mikirin untuk penggantian kampas kopling ini karena udah dilas mati, kekurangannya ya..itu harus rajin2 bejek tuas kopling kalo pas lagi berhenti di kemacetan.


proses las kelar lalu haluskan dengan digerinda biar rata dan tidak mengganggu daleman mesin. kembali ke bengkel buat dipasng kembali, untuk urusan kampas kopling saya belum ganti, menurut orang yang lebih tau dan tau lebih yang begus itu menggunakan kampas kopling satria 2 tak karena bentuk bibir pinggirannya sama dengan smash namun bagian bagian kampasnya lebih lebar dan padat jadi dijamin lebih mantap tanpa ada effect slip kopling.


cekretk-cekrek sang mekanik memasang bak kopling yang baru dengan penuh kesabaran lalu batok kepala dibuka untuk proses pemasangan handle kopling du stang bagian kiri yah..namanya juga barang modif selalu aja ada kendala, handle terhalang tuas choke jadi terpaksa si monster gerinda bekerja lalu potong..choke ilang lalu ratakan cekrek-cekrek...handle dipasang but...eeh tuasnya kepanjangan karena terhalang besi pemegang spion jemari jadi cepet pegel ..solusinya terpaksa beli pegangan handle satria FU seharga 50 rb 1 set yang sudah langsung ada lubang untuk spion kirinya lalu dipadukan dengan handle variasi bawaan honda tiger warna merah merknya "Tad" seharga 75 rb..
dudukan handle kopling Satria F 150


cekrek-cekrek..beress..handle udah mantap jari jadi enak bejek tuas kopling, bak kopling beres tapi...yaelahh..kok malah ngelos pas di  selah pake stater kaki..ternyata bagiian dalam stud nya ngak presisi maklum choyy...barang aftermarket handmade jadi ngak sesempurna hasil pabrikan, ada seh alternatif bak kopling untuk smash pro asli thailand, tapi harganya itu bok...800 rb satu set..... maybe next time kalo ada dana berlebih.


bongkar bak kanan lagi diagnosa "dokter" harus papas lagi..gerinda keluar.... creeeeeng....papas beberapa milimeter lalu pasang kembali kabel  kopling di setel..tes stater kaki bruuum...si"Bella" nyala dengan kerasnya karena knalpot blon dipasang, posisi standar tengah bejek kopling masukkan gigi satu..aman roda blakang ngak muter berarti kopling bekerja dengan baik..lalu kopling dilepas rodapun berputar ..good job..beres...semua dipasang seperti semula, bak mesin lama disimpen rapi siapa tau nanti mau di standarin lagi .

setelah bayar ongkos pasang kamipun melenggang pulang dengan hati senang, si "Bella" kini dah sehat kembali seperti baru tarikannya dan "Bella" pun udah Tomboy alias udah kayak laki.
tomboy


begitulah kisah kami semoga bermanfaat ...

43 comments:

  1. Gimana kopling manualnya? ada kendala ga? rencana Mo pasang nih buat absolut revo.

    ReplyDelete
  2. ngak ada boss..baik2 aja..cuma skrng lagi nabung buat beli kampas kopling satria r 120

    ReplyDelete
  3. Emang handle kopling smash sama kaya handle rem depan smash ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. handle kopling pake yg variasi gan, kalo saya belinya yg punya honda tiger cocok kok tanpa ada masalah...

      Delete
    2. Handle rem nya juga tiger kang?

      Delete
  4. Smash gw jg pengen tak pasang kopling manual..biar lebih bertenaga..

    ReplyDelete
  5. Saya udah bikin buat si revo 110. Handle pake satria150. Dudukan handle pake bekas sepeda tapi saya las ke setang. Kendala cuma satu gan. Oli rembes di stut kopling bekas lasan tukang bubut. Punya solusi gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo costum lubang stud kopling memang tukang lasnya berperan penting gan...kalp saya pribadi kasian rombak blok mesin asli..pas bosen pengen lepas kopling manual bisa pake blok asli...

      Delete
    2. As stut kopling di bikinin tempat buat di pasangi sil as presneling gan, jamin awet gak ada rembes

      Delete
  6. gan ane mo nnya ni kok ane pasang handle kopling ny gk masuk mulu ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan..ngak.masuk itu jelasnya gimana ya??

      Delete
    2. yaa mentok mulu sama batok lampuny gan. trs agan setelah pake kopling msh selip gk?

      Delete
    3. Kurang dibesarin mungkin coakan untuk tuas kopling nya kali gan...stlah ganti ke manual jadi responsif..cuma blom ganti kampas aja...

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Klo pake handle FU Ъĩڪα gax, motor saya ‎​Šά̲̣̥♍ά̲̣̥ kaya punya agan smash 110 baru pake kopling manual....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget..kan dudukan handle nya emang punya satria FU

      Delete
  8. Gan mau nanya. klo rumah kopling smas 1 set di pke ke mtor shogun bisa gak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya beda gan, rumah kopling smash lebih mirip ke satria 2 tak kalo gak salah...

      Delete
  9. Smash ane 2003, udah dari 2010 pake kopling manual. Lancar jaya sampe sekarang. Nah sekarang yg jadi masalah, drat baut blok mesin udah pada doll,... Kudu bongkar mesin nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..semoga tetap bisa riding mas bro..salam kopling atas

      Delete
  10. Om saya mw nanya,itu d stut nya kan ada sealnya,itu seal motor apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg di smash ngak ada sealnya boss...kecuali buat sendiri dari bak mesin yg ori...punya satria bisa kayaknya

      Delete
  11. om mau nanya itu beli bak koplingnya darimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak ada di bengkel aksesoris motor..di online banyak gan

      Delete
  12. Smash saya udah manual. Kenapa waktu jalan saya tekan kopling kok bunyik tek-tek. Macan kurang tekan koplingnya. Macam mn cara bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelan tarikan nya kurang mungkin gan, punya saya kalo dah kendor bunyi "tek2" juga, setel kabel kopling ilang bunyinya gan...

      Delete
  13. Smash saya udah manual. Kenapa waktu jalan saya tekan kopling kok bunyik tek-tek. Macan kurang tekan koplingnya. Macam mn cara bro?

    ReplyDelete
  14. Per clutch / koplingnya recomended pake merk apa bg?

    ReplyDelete
  15. gan mau tanya seal Stut kopling yg dekat lubang oli brp nomernya?
    itu bisa pakai punya Shogun sp ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan kurang paham saya, dulu beli udah jadi tinggal masang lubang stud nya saya ngak ada sealnya ...

      Delete
  16. Klw smash di kopling tali kopling nynya yg cocok motor ap y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai punya shogun sp.. Kalau smash yg diartikel ini sudah dapat langsung pas beli bak kopling

      Delete
  17. Permisi, maaf numpang tanya, kalo pasang kopling manual smash new, kampas ganda harus dilepas atau dilas langsung sama mangkok gandanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau biasanya mangkok kopling ganda di las 3 titik untuk mematikan sistem sentrifugalnya

      Delete
  18. Bang kalau di las ganda nya untuk merubah jdi gak manual gimna bang

    ReplyDelete
  19. ya di gerinda kembali bagian yang di las supaya kopling sentrifugalnya kembali aktif.

    ReplyDelete
  20. Klo dipasang ke smash Titan bisa gk bang

    ReplyDelete
  21. Mas Numpang Nanye Udah Ada Yang Pernah Merombak Rumah Kopling Shogun 110 Yang Pakai Plat Mata Hari Di Ganti Pakai Per Mas Numpang Nanya Mas

    ReplyDelete
  22. Where i can buy manual conversion kit for smash 110?

    ReplyDelete
  23. You have store here in philippines? How can i order?

    ReplyDelete
  24. Kalo semisal kampas gandanya ga di las,apa kira kira masalahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete