Kelebihan dari shock Upside Down itu sangat baik digunakan pada kecepatan tinggi karena posisi tabung besar nya berada dibagian atas maka akan bereffect cengkraman roda depan lebih baik dibandingkan menggunakan model Teleskopik. selain itu tampilan motor kitapun akan terlihat lebih gagah.
Dari hal tersebut maka saya berkeinginan untuk mengaplikasi model shock ini pada si"Bella" Suzuki Smash yang aslinya menggunakan shock depan model Teleskopik. langsung aja keliling mencari toko variasi yang mungkin ada menyediakan shock Upside Down after market untuk si Suzuki Smash, muter-muter cukup lama akhirnya dapet juga di salah satu bengkel variasi dengan merk "Norita" yang saya tebus seharga Rp. 350.000 + ongkos pasang.
Untuk pemasangannya cukup lama juga sekitar dua jam-an karena memang pada saat itu bengkel sedang full jadi ya..terpaksa ngantre ampe jenggotan, tapi ngak apalah yang penting dapet si Upside Down.
Proses pasangnya semua bagian ban depan di bongkar dulu lalu empat baut pemegang shock di segitiga bawah di lepas agar gampang copot shock asli teleskopik si Smash.
sempet tanya ke pemilik bengkel, kira-kira kuat ngak sih model shock Upside Down yang saya beli ini? sang pemilik bengkel jawabnya: -Yah, ..kalo namanya variasi mah untung-untungan, kalo lagi untung ya bisa awet..kalo apes ya mau gimana lagi..., sepertinya sang pemilik ngak bisa kasi garansi keawetan karena memang selesai dipasang terus saya bawa keliling kerja itu shock bagian kiri udah meler oli nya, pertanda kalo seal nya udah gak normal...mungkin karena shock terlalu lama diam di dalam gudang jadi seal nya keras.
Oli Merembes akibat seal udah rusak |
Oke..mulailah proses pembongkaran, sama seperti waktu di bengkel variasi semua sayap kanan-kiri dilepas karena menghalangi saat mau lepas spakbor depan, setelah semua bagian -bagian spakbor lanjut lepas ban depan, kaliper cakram dan gear spedometer, setelah itu shock baru terlihat.
Setelah spakbor dicopot |
Setelah tabung atas dilepas |
bagian seal yang rusak |
Bagian-bagian shock Upside Down |
lalu kuras oli lama yang ada di bagian tabung shock yang kecil yang ada lapisan chrome nya itu lho sob, chrome pada gambar diatas setelah itu bersihkan dengan lap bersih lalu kita isi kembali dengan oli yang baru dengan takaran oli yang sama pada kedua bagian tabung tersebut. saya pakainya setengah botol untuk kedua tabung tersebut biar ngak terlalu keras redamannya nanti.
setelah pengisian oli selesai rangkai kembali terbalik dari proses pembongkaran yang kita lakukan sebelumnya.
Pemasangan bottom diputar searah jarum jam sampai kencang, tabung atas saya cat emas biar keren. |
Nah...sekarang kaki si"Bella" sudah sexy kembali tanpa ada rembesan oli.
Semoga semua yang saya tulis ini berguna bagi sobat rider semua.....
silnya pakai punya apa mas yg pas?
ReplyDeletelepas botomnya as shoknya di tahan pakai apa, mohon bantuannya mas, terimakasih
sil nya pake punya bebek apa aja bisa, diameter nya sama kok, tapi kemaren itu pake punya suzuki shogun, lepas bottomnya gampang kok, sistem ulir...
ReplyDeleteNgga gampang patah aja kah ni gan USDnya?
ReplyDeleteAmpe skrng aman2 aja gan...slama gak dipake wheely...jgn disamain ama motogp..hehehe
ReplyDeleteAmpe skrng aman2 aja gan...slama gak dipake wheely...jgn disamain ama motogp..hehehe
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAgan USD ane kok ane ya, disaat ban melayang gitu kok tuk tuk gitu ya gan
ReplyDeletemotornya apa gan?? kalo USD bebek..kemungkinan suara tersebut karena sesuatu yg mengenai piringan cakramnya, memang terkadang posisi baut pengikat kaliper tidak sepresisi buatan pabrik
DeleteKalo jedak jeduk gitu biasanya per suling nya udah jelek
DeleteBisa jadi. Seperti yg disampaikan bro indra kurniawan...
DeleteAgan . Buka tabung atas sama botem as nya pake apa ya ? Saya coba keras bgt
ReplyDeletedulu bukanya diputer dibantu pake besi as roda depan gan, kalo amannya seh bawa aja ke bengkel yang punya alat penjepit ..lupa namanya paan..hehehehe
DeleteNyari Shock Usdnya Dimana Kang?
ReplyDeleteNyari Shock Usdnya Dimana Kang?
ReplyDeleteSearch di google banyak yg jual gan...tapi emang lebih bagus kalo beli langsung ke penjual kalo ada cacat2 dikit jadi bisa langsung tau...
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletebreket kalipernya pake variasi motor apa gan??
ReplyDeletebraketnya emang bawaan cakram variasi smash boss
ReplyDeleteMas usd pas rebond ke atas kok bunyi jedak gitu knpha yha
ReplyDeleteMungkin ada baut pengikat yg masih kendor boss??
ReplyDeletePunya saya usd bocor ..untuk takaran yg pas brp ya mas soalnya dah bocor berkurang oli nya
ReplyDeleteuntuk takaran pasti saya tidak tahu gan, pake feeling saja, kalau kebanyakan biasanya jadi keras
DeleteTanya om
ReplyDeleteItu tabung yg masuk ke bagian bawah (lower)/t4 as roda masuk. Tertutup atau tidak. Terimakasih
ketutup boss bisa dibuka pake baut L
Deleteusd saya sdh dikurangin olinya masih keras gan.. kira" kalau diganti per/pegas nya bisa gak gan. tapi sya liat foto punya agan yg usdnya kebongkar kok gak ada per/pegasnya ya
ReplyDeleteya bro kedepan saya rencana mau ganti per cuma blom sempet , punya saya malah terlalu empuk rebound nya kurang...
DeleteTu per ny gmn msang ny yg bner gan
ReplyDeleteBisa di cek di artikel yg jilid 2
DeleteMaaf mas tabung bagian atas punya saya kok rembes olinya dari sambungan ulirnya...
ReplyDeleteGak banyak tapi bikin debu pada nempel di tabungnya...
Mau saya buka kok keras banget susah mas, mohon masukannya mas...
Tolong Poto breket nya bg piringan pake apa
ReplyDeleteAda yng jual ass shock nya ndak
ReplyDelete